Rabu, 04 Januari 2012

Anemia


ANEMIA
Anemia merupakan gangguan yang disebabkan penurunan Hemoglobin (Hb) atau sel darah merah. Sehingga terjadinya penurunan kapasitas pengangkutan oksigen oleh darah.

Nilai normal Hb:
Wanita             : 12-16 gr/dl
Pria                  : 14-18 gr/dl
Anak               : 10-16 gr/dl
Bayi baru lahir : 12-24 gr/dl

Penyebab Anemia
Anemia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:
a.       Defisiensi vitamin B12
b.      Defisiensi asam folat
c.       Defisiensi zat besi
d.      Kehilangan darah akibat pendarahan
e.       Gagal ginjal
f.       Gangguan fungsi sumsum tulang

Penatalaksanaan anemia
Ø  Makanan memiliki peran signifikan karena besi sedikit diabsorpsi dari sayuran, produk padi-padian, produk susu dan telur; besi diabsorpsi dengan baik dari daging, ikan, dan unggas.
Ø  Anemia defisiensi vitamin B12 dapat disebabkan oleh asupan makanan yang tidak mencukupi, absorpsi yang menurun dan pemanfaatan yang tidak mencukupi. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.
Ø  Anemia defisiensi asam folat biasanya terjadi pada ibu ibu yang sedang hamil.

Gejala Anemia

Gejala-gejala pada anemia ditandai dengan lelah, letih, lesu, pusing-pusing, mata sering berkunang-kunang, kelopak mata berwarna pucat, lidah, bibir, kulit serta tangan yang pucat.

Akibat Gejala Anemia

Menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar (anak-anak dan remaja), menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan otak (anak-anak dan remaja), mengakibatkan muka pucat, meningkatkan resiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah (ibu hamil), menimbulkan pendarahan sebelum atau saat persalinan (ibu hamil).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar