Minggu, 24 Juni 2012

Mengkudu


MENGKUDU
(Morinda citrifolia L)

Nama Simplisia           : Morinda citrofolia L
Nama Daerah              : bengkudu (Batak), neteu (Mentawai), makudu (Nias),keumudee (Aceh), eodu (Enggano), mangkudu (Minang), mekudu (Lampung), cangkudu (Sunda), Kemudu (Jawa), kodhuk (Madura), wungkudu (Bali).
Nama Asing              : hai ba ji (Tiongkok), Indian mulberry (Inggris), bankoro (Filipina).

Uraian tanaman
            Mengkudu merupakan tanaman yang tumbuh membengkak dengan ketinggian pohon mencapai 4-8 m, bercabang banyak dengan bewntuk ranting yang bersegi empat. Letak daun berhadap-hadapan secara bersilang, bertangkai denga bentuk daun yang bulat telur melebar menyerupai bentuk elips atau oval dengan panjang daun 10-40 cm, lebar daun 5-17 cm, tebal daun terlihat mengkilap. Tepi daun  rata, ujungnya meruncing, dengan pangkal daun yang menyempit, tulang daun menyirip dengan warna daun hijau tua.
            Buah mengkudu berbentuk bulat lonjong dengan panjang sekitar 5-10 cm. permukaan buah tidak rata atau bebrbenjol-benjol, berwarna hijau ketika mentah dan berwarna kuning pucat atau kuning kotor ketika buah telah matang, daging buahnya tebal dan banyak mengandung air. Buahnya berbau busuk menyengat dengan bijinya yang berwarna coklat kehitaman.
            Umumnya, dan mengkudu sering dipakai untuk membungkus pindang ikan. Tidak jarang daunnya digunakan sebagai lalap ketika direbus atau dikukus. Adapun buahnya yang setengah matang biasa dipergunakan sebagai bahan rujak, sementara buah yang natang dapat dipergunakan untuk membersihkan karat pada logam ataupun digunakan sebagai pengganti shampoo untuk mengobati ketombe. Tanaman mengkudu dapat diperbanyak melalui biji.

Kandungan kimia
            Mengkudu mengandung morindon, antrakuinon, resin, glikosida, zat kapur, protein, zat besi, karoten, alkaloid triterpenoid.

Penggunaan untuk pengobatan
1.    Gangguan sistem pernapasan (asma, batuk, batuk rejan, bronchitis, difteri, flu, sinusitis, TB paru)
2.      Gangguan sistem pencernaan (radang amandel, radang lambung, radang usus buntu, sariawan, sembelit, sakit perut, cacingan, disentri)
3.     Gangguan jantung dan pembuluh darah (jantung koroner, stroke, hipertensi, kolesterol tinggi)
4.        Gangguan otot dan tulang (radang sendi, rematik, sakit pinggang)
5.        Anti kanker/tumor
6.        Gangguan ginjal dan saluran kemih (infeksi ginjal, infeksi saluran kemih)
7.        Gangguan sistem hormone (diabetes mellitus, melancarkan haid)
8.   Gangguan kulit dan kecantikan (obesitas, ketombe, menghaluskan kulit, eksim)
9.  Gangguan lever, empedu, dan limpa (hepatitis, radang kantung empedu, pembengkakan limpa)
10. Gangguan lain-lain (alergi, beri-beri, cacar air, nyeri saraf, malaria, meningkatkan daya ingat, meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan stamina)

Cara pemakaian                        
1.      Gangguan sistem pernapasan (asma, batuk, batuk rejan, bronchitis, difteri, flu, sinusitis, TB paru)

Asma : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, dipotong-potong lalu diblender dengan air secukupnya. Air hasil blender tadi kemudian direbus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya dan diminum dalam keadaan hangat.

Batuk : 2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, dipotong-potong tambah 1 buah pir, lalu diblender. Tambahkan cuka beras putih dan air secukupnya. Kemudian direbus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata, dan diminum hangat-hangat.

Batuk rejan : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih kemudian diblender dengan air secukupnya. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata dan diminum.

Bronchitis : 3 buah mengkudu yang matang, dipotong-potong tambah 15 gram jahe tambah 1 siung bawang putih, kemudian diblender dengan air secukupnya dan direbus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata dan diminum.

Difteri : 3 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, lalu dipotong-potong, tambah 30 gram lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, direbus dengan air secukupnya. Saring, lalu airnya digunakan untuk berkumur dalam tenggorokan selama 2-3 menit lalu ditelan. Lalukan tiga kali sehari satu sendok makan.

Flu : 2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong tambah 10 gram jahe tambah 2 batang daun bawang putih. Semua bahan diblender dengan air secukupnya dan direbus hingga mendidih, lalu diminum selagi hangat.

Sinusitis : 3 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, dipotong-potong, diblender dengan air secukupnya dan direbus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya lalu diminum dalam keadaan hangat.

TB paru : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci dan dipotong-potong tambah 15 gram kencur tambah 10 gram umbi anggrek tanah tambah gula batu secukupnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc air. Airnya diminum dalam keadaan hangat.

2.        Gangguan sistem pencernaan (radang amandel, radang lambung, radang usus buntu, sariawan, sembelit, sakit perut, cacingan, disentri)
Radang amandel : 2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong, diblender kemudian direbus hingga mendidih. Tambahkan 1 sdm madu kemudian dipergunakan untuk berkumur (obat luar). 3 buah mengkudu yang matang dijus lalu direbus sampai mendidih. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata kemudian diminum (obat dalam).

Radang lambung : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, dipotong-potong tambah 15 gram kunyit, lalu dibleder dengan air secukupnya dan direbus sampai mendidih. Tambahakan madu secukupnya kemudian diminum hangat-hangat.

Radang usus buntu : 2-3 buah mengkudu yang matang dicuci, dipotong-potong tambaha 60 gram lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, diblender dengan air secukupnya lalu direbus dengan air sampai mendidih tambahkan madu secukupnya, aduk rata, lalu diminum.

Sariawan : 2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, tambahkan air dan gula pasir secukupnya, lalu direbus sampai mendidih, lalu diminum.

Sembelit : 2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong. Tambahkan garam secukupnya, kemudian direbus sampai mendidih. Air hasil rebusan tadi diminum dalam keadaan hangat.

Sakit perut : daun mengkudu yang besar dicuci bersih dan dikeringkan. Oleskan dengan minyak kelapa kemudian panaskan diatas api. Dalam keadaan hangat, daun mengkudu tadi diletakkan diatas perut (obat luar). 30 gram daun mengkudu dicuci bersih lalu ditumbuk halus tambahkan garam secukupnya lalu direbus dengan 250 cc air sampai mendidih dan disaring. Tambahkan madu secukupnya, lalu diminum.

Cacingan : 2-3 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong, kemudian diblender dengan air secukupnya dan direbus sampai mendidih tambahkann madu secukupnya, aduk rata dan diminum.

Disentri : 5 gram kulit pohon mengkudu kering tambah 5 gram akar mengkudu kering. Masing-masing dipotong seperlunya lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc ai. Saring, tambahkan madu secukupnya, aduk rata, kemudian diminum.
3.        Gangguan jantung dan pembuluh darah (jantung koroner, stroke, hipertensi, kolesterol tinggi)

Jantung koroner : 1-3 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong, kemudian diblender dengan air secukupnya, dan direbus hingga mendidih, tambahkan madu secukupnya, lalu diminum.

Stroke : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong, dan diblender dengan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih tambahkan madu secukupnya, aduk rata dan diminum.

Hipertensi : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih lalu dijus tambah 100 gram seledri dijus. Campur kedua jus tersebut lalu direbus dengan 250 cc air sampai mendidih. Tambahkan madu secukupnya lalu diminum hangat-hangat.

Kolesterol tinggi: 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong tambahkan 100 gram nanas yang telah dikupas kulitnya dan diblender dengan air secukupnya, kemudian rebus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya lalu diminum.

4.        Gangguan otot dan tulang (radang sendi, rematik, sakit pinggang)

Radang sendi : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong tambah 10 gram jahe, diblender dengan air secukupnya, kemudian rebus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya, lalu diminum.

Rematik : 10 gram daun mengkudu tambah 20 gram jahe dihaluskan kemudian dioleskan pada bagian yang sakit (obat luar). 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dipotong-potong tambah 5 butir cengkih tambah 15 gram akar bawang putih, lalu diblender dengan air secukupnya dan direbus sampai mendidih, tambahkan madu secukupnya lalu diminum (obat dalam).

Sakit pinggang : daun mengkudu dioleskan minyak kayu putih secukupnya, dilayukan diatas api, kemudian dalam keadaan hangat ditempelkan pada bagian yang sakit (obat luar). 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong, kemudian diblender dengan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih, tambahkan madu secukupnya dan diminum.

5.        Anti kanker/tumor
1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan  dipotong-potong tambahkan 20 gram temu putih, lalu diblender dengan air secukupnya kemudian direbus hingga mendidih, tambahkan madu secukupnya lalu diminum.

6.        Gangguan ginjal dan saluran kemih (infeksi ginjal, infeksi saluran kemih)

Infeksi ginjal : 2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong tambah 30 gram meniran tambah 30 gram keji beling direbus dengan 600 ccc air hingga tersisa 300 cc air, saring. Airnya diminum dalam keadaan hangat.

Infeksi saluran kemih : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, dipotong-potong. Blender dengan air secukupnya dan direbus sampai mendidih. Airnya diminum hangat-hangat.

7.        Gangguan sistem hormone (diabetes mellitus, melancarkan haid)

Diabetes mellitus : 2 buah mengkudu dicuci bersih dan dijus, tambahkan garam secukupnya, kemudian direbus dengan 200 cc air sampai mendidih. Air hasil rebusan diminum hangat-hangat.

Melancarkan haid: 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, dipotong-potong. Blender dengan air secukupnya dan direbus sampai mendidih. Airnya diminum hangat-hangat.

8.        Gangguan kulit dan kecantikan (obesitas, ketombe, menghaluskan kulit, eksim)

Obesitas : 2 buah mengkudu dicuci bersih dan diblender, tambahkan garam secukupnya, kemudian direbus dengan 200 cc air sampai mendidih. Air hasil rebusan diminum hangat-hangat.

Ketombe : daun mengkudu secukupnya diblender dengan air secukupnya, lalu oleskan pada kulit kepala sampai merata. Biarkan mongering kemudian dibilas hingga bersih.

Menghaluskan kulit : 30 gram daun mengkudu dicuci bersih dan diiris-iris, kemudian direbus dengan 200 cc air hingga mendidih, air rebusan tadi disaring, kemudian tambahkan madu secukupnya, aduk rata lalu diminum.

Eksim : kulit batang mengkudu dihaluskan tambah kapur sirih secukupnya, aduk rata kemudian dibalurkan pada kulit yang terkena eksim.
9.        Gangguan lever, empedu, dan limpa (hepatitis, radang kantung empedu, pembengkakan limpa)

Hepatitis : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong, tambah 15 gram meniran tambah 15 gram sambiloto, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc air. Saring airnya, tambahkan madu secukupnya, lalu diminum dalam keadaan hangat.

Radang kantung empedu : 1-3 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, dan dipotong-potong tambah 60 gram lidah buaya yang telah dikupas kulitnya lalu direbus hinggga mendidih tambahkan madu secukupnya, kemudian minuim hangat-hangat.

Pembengkakan limpa : 2 buah mengkudu yang telah matang dicuci bersih dan dipotong-potong tambah 20 gram temulawak, diblender dengan air secukupnya. Tambahkan cuka beras putih secukupnya, kemudian direbus hingga mendidih, tyambahkan madu secukupnya, aduk rata, lalu minum.

10.    Gangguan lain-lain (alergi, beri-beri, cacar air, nyeri saraf, malaria, meningkatkan daya ingat, meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan stamina)

Alergi : 2 buah mengkudu yang matang, dicuci bersih dan dipotong-potong tambah 100 gram wortel diblender dengan air secukupnya dan direbus sampai mendidih, tambahkam madu secukupnya, aduk rata, dan diminum dalam keadaan hangat.

Beri-beri : 2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dipotong-potong, tambah 20 gram kacang hijau yang telah direndam hingga lembut dan dikukus matang lalu diblender dengan air secukupnya dan direbus hinggah mendidih, tambahkan 1 sdm madu, aduk rata lalu diminum.

Cacar air : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih kemudian dijus. Tambah garam secukupnya lalu direbus sampai mendidih. Angkat dan diminum selagi hangat.

Nyeri saraf : 1-2 buah mengkudu yang matang dicuci berih dan dipotong-potong tambah 10 grtam jahe lalu diblender dengan air secukupnya lalu direbus hingga mendidih, tambahkan 100 cc cuka beras hitam, aduk rata, kemudian diminum selagi hangat.

Malaria : 2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih lalu dipotong-potong, tambah 30 gram sambiloto segar tambah 15 gram daun mindi kecil, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc air, saring airnya tambahkan 1 sdm madu, aduk rata, dan diminum hangat-hangat.

Meningkatkan daya ingat : 3 buah mengkudu yang matang dicuci bersih, diblender dengan air secukupnya, tambah madu secukupnya, direbus hingga mendidih lalu diminum.

Meningkatkan imunitas tubuh : 2 buah mengkudu yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong tambah 2 buah kiwi tambah 100 grtam wortel tambah gula pasir secukupnya, semua bahan diblender dengan 200 cc air, lalu direbus sampai mendidih. Airnya diminum dalam keadaan hangat.

Meningkatkan stamina : 1-2 buah mengkudu yang matang dicui bersih dipotong-potong dan diblender dengan air secukupnya lalu direbus dengan air hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya lalu diminum.

1 komentar: